Masalah yang Terjadi pada Mesin Fotocopy

Masalah yang Terjadi pada Mesin Fotocopy

Masalah yang Terjadi pada Mesin Fotocopy

Apakah mesin fotocopy anda sering mengalami masalah dalam pemakaiaannya? Tak bisa dipungkiri, secanggih apapun teknologi tidak akan bisa terhindar dari permasalahan. Tak terkecuali pada mesin fotocopy yang kerap anda gunakan. Tentu saja hal ini akan menjadi masalah yang besar ketika anda harus terburu buru meng-copy laporan kerja. Atau bagi anda yang memiliki usaha fotocopy, pasti tidak ingin mengecewakan customer.

Maka dari itu, anda perlu mencari solusi untuk mengatasi permasalahan mesin fotocopy tersebut. Jika permasalahannya cukup ringan, anda mungkin saja bisa mengatasinya sendiri. Namun jika masalah yang terjadi cukup parah dan beresiko terjadi kerusakan, sebaiknya mintalah bantuan pada jasa service mesin fotocopy.

Namun sebelum anda terburu buru menggunakan jasa tersebut, sebaiknya kenali dulu apa saja masalah yang sering terjadi pada mesin komputer. Meski kini tersedia banyak jasa fotocopy murah, tapi nggak ada salahnya jika anda mengatasinya sendiri. Dengan begini, anda akan lebih menghemat pengeluaran untuk biaya service. Nah, biar anda semakin paham mengenai masalah pada mesin komputer, ketahui dulu masalah yang sering terjadi berikut ini.

Masalah yang Sering Terjadi Pada Mesin Fotocopy

Mesin Fotocopy

Masalah-masalah di bawah ini, memang seringkali terjadi dalam penggunaan berbagai merk mesin fotocopy. Beberapa di antaranya seperti :

1. Permasalahan Cartridge atau toner

Masalah pada cartridge ini sering sekali terjadi pada mesin fotocopy. Contohnya seperti toner pada mesin habis, toner yang tinggal sedikit, ataupun toner yang tak berfungsi ketika digunakan. Untuk masalah toner habis ataupun tinggal sedikit, anda bisa mengatasinya dengan mengisi ulang. Namun jika permasalah yang terjadi adalah cartridge tidak berfungsi, cara paling mudah adalah dengan meminta bantuan pada orang yang paham soal mesin fotocopy.

2. Paper jams atau kertas macet

Anda mengalami kebingungan ketika tengah menggunakan mesin fotocopy, tiba tiba kertas tersangkut? Masalah ini sangat umum terjadi pada mesin fotocopy, sehingga membuatnya kerap macet. Penyebab terjadinya paper jam ini pun beragam, misalnya saja kesalahan ketika memasukkan ukuran kertas. Tentu saja masalah ini akan memperlambat proses pencetakan kertas selanjutnya. Untuk mengatasinya, segeralah menarik kertas yang macet tersebut dengan cara manual.

3. Cetakan kertas berwarna terlalu terang ataupun terlalu gelap

Hasil cetakan yang seperti ini, tentu saja akan terlihat kurang bagus dan bahkan lembaran bisa tertutupi bagian yang gelap. Masalah ini bisa saja disebabkan karena ketidaksengajaan ketika merubah settingan mesin fotocopy. Solusi untuk mengatasinya, anda perlu melakukan pengaturan kerapatan. Selain itu, masalah warna cetakan bisa juga bisa terjadi karena toner yamg kurang berkualitas.

4. Cetakan terlihat bergaris

Pernah mengalami hasil cetakan mesin fotocopy bergaris ataupun terlihat goresan? Penyebab masalah ini cukup beragam, salah satunya adalah terdapat noda di kaca ataupun cermin. Agar hasil cetakan kembali normal tanpa adanya garis, anda perlu melakukan pembersihan kaca pemindai.

5. Terjadinya kerutan pada lembar cetakan

Ketika sedang menggunakan mesin fotocopy, mungkin saja anda pernah mengalami hasil cetakan yang berkerut atau seperti keriting. Masalah ini biasanya terjadi karena kondisi roll pemanas yang kurang baik, dan juga akibat rakitan fuser. Agar terhindar dari masalah ini, sebaiknya selalu gunakanlah kertas baru saat mencetak.

Anda sudah mengerti bukan apa saja masalah yang sering terjadi pada mesin fotocopy? Dengan mengetahui masalahnya, kini anda bisa mempertimbangkan bagaimana cara mengatasinya sendiri. Namun jika tetap tidak bisa mengatasinya, anda bisa menggunakan jasa fotocopy untuk keperluan fotocopy anda, sementara mesin fotocopy anda diperbaiki oleh teknisi.



Waru Jaya Printing Melayani 24 Jam, Silakan Langsung Order dan Kontak Kami !!