Kelebihan Jilid Hard Cover yang Wajib Diketahui

Kelebihan Jilid Hard Cover

Kelebihan Jilid Hard Cover yang Wajib Diketahui

Saat sedang memilih cover untuk menjilid sebuah berkas, kamu akan dihadapkan oleh dua pilihan, pertama adalah jilid soft cover yang menggunakan kertas lunak sebagai sampul berkasnya dan kedua adalah jilid hard cover, yaitu menjilid berkas dengan sampul lebih kaku dan tebal.

Banyak orang menggunakan soft cover, tapi tidak sedikit juga yang lebih memilih hard cover. Lalu apa saja kelebihan dari jilid jenis hard cover? Simak penjelasan di bawah ini agar kamu paham saat hendak menggunakan hard cover.

4 Kelebihan dari Jilid Hard Cover 

Jilid Hard Cover

Penggunaan bahan sampul yang tebal, kaku, dan terkesan berat bukanlah tanpa alasan. Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh jilid jenis hard cover sehingga jenis jilid yang satu ini banyak digunakan terutama untuk menjilid hasil penelitian, arsip perusahaan atau pemerintah, katalog, dan lain sebagainya.

4 Kelebihan Jilid Jenis Hard Cover

1. Terkesan Elegan

Kelebihan pertama dari jilid jenis hard cover adalah bisa membuat hasil jilid terkesan lebih elegan. Kalau menggunakan jilid soft cover, sampul yang dipasang akan sama lenturnya dengan kertas yang menjadi isi dari buku itu.

Tapi kalau kamu gunakan hard cover, hasilnya akan lebih elegan dengan tampilan yang terlihat mahal. Pastinya berkas akan jadi lebih rapi dan tidak lentur sebagaimana ditemukan pada jilid soft cover.

2. Tidak Mudah Sobek

Jilid jenis hard cover teksturnya lebih kaku, keras, tebal, dan lebih berat berkat bahan karton atau kardus khusus yang dijadikan cover. Tenang saja, karton atau kardusnya tetap dilapisi kertas sampul yang sudah didesain sesuai dengan permintaan.

Fungsi karton atau kardus tersebut agar cover lebih kuat dan tidak mudah sobek. Biasanya kan kalau kita bawa buku atau berkas sering secara tidak sengaja membuat sampulnya tersobek, nah, kalau kamu menggunakan jilid jenis hard cover, sampulnya akan lebih kuat.

3. Tidak Gampang Terlipat

Karena bahannya lebih kuat dan tebal, maka jilid jenis hard cover tidak mudah terlipat saat buku ditaruh atau ditumpuk dengan buku-buku lainnya.

Coba kamu lihat hasil jilid atau buku yang menggunakan soft cover, pasti ada saja bagian sampul yang terlipat dan akhirnya merusak keindahan sampul buku itu sendiri.

Hal seperti itu tidak akan ditemukan pada jilid jenis hard cover. Mau ditumpuk dengan banyak buku sekalipun, sampulnya tetap rapi dan kaku, serta tidak terlipat layaknya soft cover.

4. Membuat Deretan Buku Lebih Rapi

Kelebihan lainnya dari jilid jenis hard cover ialah dapat membuat deretan buku menjadi lebih rapi, bayangkan kalau semua buku yang ada di rak perpustakaan menggunakan hard cover tentu akan enak dipandang. Karena bahan sampulnya tidak mudah sobek dan terlipat, maka deretannya akan terlihat rapi.

Tidak akan ditemukan buku yang terlipat atau rusak sampulnya. Itu sebabnya beberapa perpustakaan menjilid buku-buku koleksinya dengan hard cover agar pengunjung lebih nyaman dan mudah saat mencari judul buku karena lebih rapi.

Itulah 4 kelebihan jilid jenis hard cover yang perlu kamu ketahui. Yang jelas, pastikan dulu kebutuhan jilidmu seperti apa, kalau memang ingin agar hasil jilid lebih rapi, tidak mudah sobek, dan terkesan elegan, maka jilid hard cover bisa jadi pilihan.

Kamu bisa gunakan jasa jilid murah dari kami dengan membawa berkas tumpukan kertas yang sudah disiapkan. Semoga berbagai informasi tersebut dapat memberikan ilmu baru mengenai dunia percetakan.



Waru Jaya Printing Melayani 24 Jam, Silakan Langsung Order dan Kontak Kami !!