Faktor yang Mempengaruhi Hasil Fotocopy

Faktor yang Mempengaruhi Hasil Fotocopy

Faktor yang Mempengaruhi Hasil Fotocopy

Pernahkah kamu mendapati hasil fotocopy yang buram, tidak jelas, atau bahkan banyak bagian yang kotor? Hal itu disebabkan berbagai faktor yang terkadang diabaikan oleh pemilik bisnis fotocopy, atau pihak kantor yang menggunakan mesin tersebut untuk memperbanyak dokumen penting. Kamu mau tahu apa saja faktor tersebut? Ini informasi lengkapnya yang wajib kamu simak!

5 Faktor Yang Menentukan Hasil Fotocopy

Faktor Yang Menentukan Hasil Fotocopy

Lima faktor tersebut adalah pengaturan mesin, kualitas tinta, kondisi lensa exposure, drum dan developer. Jika semua komponen berada pada kondisi maksimal maka hasil cetakan akan baik-baik saja, dan kamu tak perlu pakai jasa fotocopy lain dengan harga fotocopy warna atau hitam putih yang mungkin lebih mahal. Tapi ketika bermasalah salah satunya maka pasti pasti hasilnya membuat kecewa.

1. Pengaturan Mesin

Untuk menghasilkan dokumen cetakan yang bagus, perlu dilakukan pengaturan pada mesin fotocopy. Terutama pada bagian pencahayaan atau light, pengaturan utama, bias cahaya yang dihasilkan. Beda mesin maka akan beda pula pengaturan yang tepatnya. Kamu bisa mencari tahu melalui buku manual penggunaannya.

2. Kualitas Tinta

Jangan tergiur dengan harga tinta yang murah, karena akan berdampak pada hasil fotocopy. Jadi kalau mesin fotocopy yang kamu pakai menggunakan tinta bubuk atau cair,pastikan pakai yang berkualitas. Apalagi kalau mesin tersebut kamu gunakan untuk bisnis pencetakan dokumen, sebab akan berhubungan langsung pada keuntunganmu nanti.

3. Lensa Exposure

Merupakan kaca yang menjadi media memindahkan tulisan atau gambar di dokumen asli ke mesin fotocopy. Ketika banyak debu di atasnya maka akan berimbas pada hasil cetak yang penuh dengan bercak hitam. Terkadang orang mengabaikan kondisi ini demi mendapatkan jasa foto copy warna murah, padahal dampaknya sangat penting.

4. Kondisi Drum

Drum merupakan bagian mesin yang penting dalam proses menduplikasi tulisan dan gambar. Bagian ini tak boleh kotor, baik akibat tersentuh tangan apalagi barang berminyak, karena akan membuat hasil fotocopy  menjadi buram dan bergaris.

5. Kondisi Developer

Ini merupakan bagian penampung bubuk tinta sebelum masuk ke dalam drum. Bagian ini juga tidak boleh kotor, karena akan berdampak langsung pada hasil fotocopy. Untuk menjaganya tetap bersih harus sering dibersihkan menggunakan bahan khusus yang diperuntukkan bagi developer cleaning.

Jadi kalau kamu tak ingin mesin fotocopy di toko atau kantormu cepat rusak dan hasil cetakannya tidak maksimal, maka sering-seringlah melihat kondisi komponen di atas. Bersihkan jika kotor, pastikan pengaturan mesin agar tak perlu susah menggunakan jasa fotocopy lain dan harus mengeluarkan anggaran untuk membayar harga fotocopy warna atau hitam putih yang sebenarnya bisa dihindari.



Waru Jaya Printing Melayani 24 Jam, Silakan Langsung Order dan Kontak Kami !!