Cara Print Hitam Putih Di Ms Word

Cara Print Hitam Putih

Cara Print Hitam Putih Di Ms Word

Mesin printer saat ini banyak dibutuhkan, baik untuk keperluan sekolah maupun pekerjaan. Bagaimana tidak, apapun profesinya pasti ada saja dokumen yang harus dibuat dan dicetak melalui komputer. Keberadaan printer sangat penting karena dengan alat itulah tulisan dan gambar bisa dituangkan dalam lembaran kertas. Setidaknya ada dua pilihan penggunaan warna saat kita ingin mencetak dokumen, yaitu menggunakan bermacam warna atau cukup hitam putih. Buat kamu yang sampai sekarang masih belum tahu bagaimana cara print hitam putih, simak penjelasan berikut ini!

Gampang Kok! Begini Cara Print Hitam Putih

Cara Print Hitam Putih

Selain karena menyesuaikan dengan kebutuhan dokumen yang akan dicetak, jasa print hitam putih juga dimaksudkan untuk menghemat penggunaan tinta warna. Makanya jangan heran kalau ada orang mencetak gambar yang seharusnya penuh berbagai warna malah diprint dengan tinta hitam putih. Pertanyaannya, bagaimana sih cara mengatur printer agar mengeluarkan tinta hitam putih saja saat proses cetak? Ikuti cara di bawah ini!

1. Siapkan Dokumen yang Akan Dicetak

Langkah pertama adalah buka folder di mana kamu menyimpan file dokumen yang akan dicetak. Klik file tersebut dan nanti akan terbuka melalui microsoft word. Sebelum masuk ke proses print, pastikan penataan dokumen sudah tepat dan tidak ada yang berantakan. Perhatikan juga halaman dokumen, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan cetak atau tidak. Hal itu untuk meminimalisasi kesalahan cetak. Karena jika dokumen sudah telanjur diprint, hasilnya tidak dapat dibenahi lagi.

2. Pilih “File”, Lalu Klik “Print”

Coba tengok bagian atas tampilan microsoft word, di situ ada pilihan “file”. Klik tulisan tersebut dan kamu akan menemukan sejumlah opsi di dalamnya. Jangan bingung, tetap ikuti petunjuknya. Kalau sudah klik “file”, klik pilihan “print”. Itu bukan berarti dokumen kamu langsung diprint. Masih ada pengaturan lain yang harus dilakukan. Setelah klik “print”, nanti di tampilan muncul nama printer yang digunakan. Pastikan nama printernya sudah sesuai dengan nama dan seri printer kamu. Kalau tidak, dokumen tidak akan bisa dicetak.

3. Klik “Printer Properties”

Berikutnya kamu perlu mengubah beberapa pengaturan pada printer dengan cara klik “print properties”. Pilih tulisan “main”, maka akan muncul beberapa opsi seperti ukuran dokumen, jenis kertas, kualitas, dan pilihan warna yang akan digunakan. Untuk mendapatkan hasil print hitam putih, ubah pengaturan color dari “color” menjadi “greyscale” dengan cara klik tanda lingkaran di samping tulisan. Kalau lingkaran sudah menghitam, itu berarti kamu telah berhasil memilih “greyscale” yang akan membuat dokumen tercetak dengan warna hitam putih.

4. Klik “OK”

Periksa kembali apakah ukuran dokumen, jenis kertas, dan pilihan warna sudah sesuai dengan yang kamu inginkan. Kalau sudah diatur sedemikian rupa, saatnya klik “OK” di bagian bawah dan kamu akan dihadapkan kembali pada pengaturan awal proses pencetakan. Tentukan jumlah dokumen yang akan diprint ada berapa, halaman yang akan dicetak mana saja, dan seterusnya. Jangan sampai ada kesalahan dalam pengaturan tersebut agar hasil print tidak salah.

5. Klik “Print”

Kalau semua pengaturan sudah dicek kembali dan tidak ada kesalahan, maka saatnya kamu klik “print”. Tunggu beberapa saat sampai proses cetak berlangsung. Dan lihat hasilnya pasti berwarna hitam putih sesuai dengan pengaturan yang tadi kamu lakukan. Terapkan pengaturan serupa jika kamu ingin mencetak dokumen lainnya dengan warna hitam putih.



Waru Jaya Printing Melayani 24 Jam, Silakan Langsung Order dan Kontak Kami !!