Cara Jilid Soft Cover yang Benar dan Kuat

Cara Jilid Soft Cover yang Benar dan Kuat

Cara Jilid Soft Cover yang Benar dan Kuat

Menjilid buku merupakan suatu cara untuk menggabungkan antar lembar halaman dengan menggunakan bahan perekat, semacam lem ataupun isolasi. Tujuan melakukan penjilidan adalah, agar lembaran-lembaran tersebut tidak mudah hilang ataupun sobek. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa penjilidan ini terbagi menjadi dua macam, yakni hard cover jilid dan juga soft cover jilid.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang tata cara jilid soft cover yang benar dan kuat. Dengan mengetahui cara jilid tersebut diharapkan Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menjilid lagi sebab sudah dilakukan sendiri.

Cara Menjilid Soft Cover yang Benar dan Kuat

Mungkin, beberapa orang yang masih awam ini tentu tidak mengerti dan mengetahui bahwa tidak terlalu sulit menjilid buku dengan sampul soft cover. Sebab, jilid soft cover tersebut dapat Anda lakukan secara mandiri apabila Anda mengetahui cara menjilidnya. Oleh sebab itu, inilah beberapa langkah mudah untuk jilid soft cover.

1. Siapkan Bahan Untuk Jilid Soft Cover

Langkah pertama adalah, siapkan terlebih dahulu beberapa bahan untuk menjilid soft cover seperti, lembaran kertas yang akan dijilid, lem perekat, kertas karton tebal, serta penjepit klip.

2. Letakkan Kertas Karton Tebal di Sisi-Sisi Lembaran yang Akan di Jilid

Langkah kedua adalah, meletakkan kertas karton tebal di bagian sisi-sisi lembar kertas yang akan dijilid. Usahakan ukuran kertas karton tebal tersebut sama dengan ukuran lembaran kertas yang akan Anda jilid. Beri sedikit ruang untuk pemberian lem guna merekatkan lembar kertas.

3. Press Dengan Penjepit Klip

Setelah Anda meletakkan kertas karton pada lembar kertas yang akan Anda jilid. Kemudian, jepit kertas karton tersebut dengan menggunakan penjepit klip. Apabila tidak ada penjepit klip, maka dapat menggunakan penjepit lainnya.

4. Tuangkan Lem Perekat

Langkah selanjutnya untuk menjilid soft cover adalah, menuangkan lem perekat di sela-sela lembar kertas yang telah dijepit dengan kertas karton dan penjepit klip. Anda dapat menggunakan lem besi atau lem tembok sebagai perekat. Setelah proses penuangan lem perekat tersebut. Maka, langkah selanjutnya adalah, silahkan keringkan lem perekat terebut hingga benar-benar kering. Dijamin, hasil penjilidan soft cover dengan cara diatas cukup kuat dan tidak mudah rusak.

Jadi, cukup mudah bukan menjilid suatu lembaran kertas dengan menggunakan metode jilid soft cover ini?



Waru Jaya Printing Melayani 24 Jam, Silakan Langsung Order dan Kontak Kami !!